unique visitor counter
daftar online bantuan pemerintah

Daftar Online Bantuan Pemerintah Tahun 2021

Satudetik.com – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masdoki mengatakan Program Bantuan Produktif Usaha Mikro, Kecil dan Menengah berlaku untuk semua sektor. Sehingga ada penyebaran relatif intensif untuk pemulihan ekonomi. Dan bagaimana daftar online bantuan pemerintah.

Di masa pandemi ini, pemerintah juga telah memberikan bantuan kepada UMKM agar usahanya tetap berjalan. Pemerintah menargetkan 12 juta pelaku UMKM sebagai salah satu pihak dalam pencapaian Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah pandemi Covid-19. Program ini merupakan Bantuan Presiden untuk Usaha Kecil Produktif atau Banpres PUM.

Berikut Cara Daftar Bantuan UMKM

Cara mendapatkan bantuan UMKM mulai dari Rp. 2,4 juta cukup mudah. Pemilik usaha bisa mendaftar langsung di kantor koperasi di wilayah setempat. Pelaku UMKM yang telah terdaftar dan diusulkan oleh lembaga yang diusulkan kemudian akan diidentifikasi. Lembaga-lembaga tersebut terdiri dari dinas yang bertanggung jawab atas koperasi dan usaha kecil dan menengah kabupaten dan negara bagian/kota, koperasi yang sudah berbadan hukum, dan kementerian/lembaga.

Ketika anda daftar online bantuan pemerintah akan langsung di transferi uang jika sudah layak mendapatkan bantuan setelah memenuhi persyaratan. Merupakan warga negara Indonesia serta memiliki NIK juga merupakan syarat pelaku UMKM yang mendapatkan bantuan salah satunya.

Bukan merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS). Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp. Dipastikan 2,4 juta pelaku UMKM di Indonesia akan berlanjut hingga tahun 2021.

TRENDING:  Cara Cek Bansos Uang Tunai Terkini

Untuk mengetahui syarat dan cara daftar UMKM online tidak perlu datang langsung. Untuk Dinas Koperasi berikut akan dijelaskan cara pendaftaran bantuan UMKM pada artikel ini.

Persyaratan dan Proses Untuk Mendapatkan Bantuan UMKM

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masdoki menyampaikan, setiap pengusaha mikro yang tidak mendapat modal dan pembiayaan dari perbankan segera mendaftarkan diri. Tempat pendaftaran adalah melalui kantor koperasi atau tempat tinggal terdekat. Pemilik usaha kecil wajib mengikuti kegiatan pelatihan dengan harapan Program Pendampingan Usaha Kecil Produktif dapat menyalurkan bantuan ini secara tepat waktu dan tepat sasaran.

Sehingga UMKM yang sedang menghadapi masalah segera kembali produktif. Kriteria pelaku komersial yang ingin menerima bantuan ini, tidak mempunyai tanggungan di Bank salah satunya. Berikut Persyaratan untuk daftar online bantuan pemerintah :

  • Terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  • Apakah Anda memiliki usaha kecil atau usaha kecil menengah?
  • Bukan ASN dan TNI/Polri dan Staf/BUMD
  • Saat ini saya tidak sedang menerima kredit bank atau pembiayaan/Kredit Pengusaha (KUR)
    Bagi pelaku usaha yang memiliki tempat usaha yang berbeda dengan KTP, bisa dengan menggunakan Surat Keterangan Usaha (SKU).

SHU sering tidak diadakan dan berarti pelamar gagal lulus. Solusinya adalah dengan membuat surat keterangan usaha atau SKU yang bisa diperoleh dari kantor desa tempat usaha tersebut berada. Perlu dicatat bahwa usaha mikro, kecil dan menengah dapat mengajukan permohonan meskipun berbeda domisili KTP dan tempat kerja. Informasi berikut harus dilengkapi untuk daftar online bantuan pemerintah :

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nama lengkap sesuai KTP
  • Alamat tempat tinggal sesuai KTP
  • lapangan kerja
  • nomor telepon
  • Nomor akun Bank
TRENDING:  10 Pelatihan Prakerja Paling Diminati 2021

Setelah pendaftar mengirimkan Banpres BPUM atau BLT UMKM dan mengumumkan lolos, bank akan memberikan notifikasi melalui SMS. Selain itu, setelah menerima SMS, Banpres BPUM atau UMKM penerima BLT diharapkan segera melakukan pengecekan ke bank penyalur. Kemudian bank melakukan verifikasi ulang dan penukaran dapat dilakukan.

Deputi Keuangan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Hanong mengatakan UMKM yang memenuhi persyaratan khusus dapat datang atau mengirim konfirmasi telepon ke kantor koperasi dan UKM setempat. Dengan cara konfirmasi ke dinas koperasi dan UKM sebagai pengajuan calon penerima BPUM. Kemudian Anda akan menyarankan layanan ke Kemenkop UKM.

Bagaimana Cara Periksa Penerima bantuan BPUM?

Untuk mengetahui apakah calon penerima telah lolos proses verifikasi, operator komersial yang telah mendaftar cukup mengunjungi situs resmi bri bpum. Selanjutnya, isi nomor ID dan kode verifikasi. Jika pernyataan kesalahan muncul, halaman dapat di-refresh. Ada baiknya Anda mengecek langsung ke kantor bank BRI dengan menyerahkan Persyaratan Dokumen Pencairan Bantuan UKM 2021.

Banpres BPUM atau BLT UKM bukanlah kredit atau pinjaman, tetapi hibah. Beberapa artikel terkait  daftar online bantuan pemerintah berupa bantuan UMKM senilai Rp2,4 juta yang merupakan bantuan langsung pemerintah sebagai salah satu upaya pemerintah menstabilkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Check Also

pelatihan prakerja paling diminati

10 Pelatihan Prakerja Paling Diminati 2021

Satudetik.com – Selamat menjadi penerima kartu prakerja! Dari dari banyaknya orang yang mendaftarkan diri, Anda …