Cara Merubah Default Satuan Mata Uang Di Ms Excel

Dalam menjalankan tugas harian di kantor maupun di sekolah, tentunya kita pernah atau bahkan sering memasukkan data yang berupa angka atau nominal nilai sejumlah uang pada sebuah program, yang tentunya program excel. Sebagian user masih menggunakan cara manual dengan mengetik Rupiah (Rp) didepan angka-angka atau dengan menggunakan sel tersendiri khusus untuk tulisan Rp.

Pada beberapa waklu yang telah lalu telah kami posting tentang cara menambahkan satuan mata uang Rp secara otomatis di ms excel. Cara yang telah kami paparkan tersebut sangatlah mudah dan berguna dalam pengerjaan data. Namun masih terdapat sedikit kekurangan, yaitu ketika kita ingin mengatur sel atau kolom yang lain, pengaturan dilakukan mulai dari awal lagi yaitu dengan mengganti mata uang USD menjadi Rp.

Account Number format

Pada kesempatan kali ini, Saya ingin berbagi trik atau cara agar kinerja dan untuk meringankan tugas anda, yaitu merubah default mata uang $ (USD) menjadi Rp (Rupiah) tanpa harus berulang-kali mengatur dari awal. Sehingga dengan demikian ketika kita menuliskan angka dan menggunakan Rp sebagai satuan mata uang, hanya dilakukan dengan satu klik saja pada Accounting number format. Dan berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka Control panel kemudian klik Region and LanguageRegion and Language
  2. Pada jendela yang muncul klik Additional SettingsAdditional Settings
  3. Pada jendela yang muncul pilih tab Currency
  4. Pada kotak isian Currency symbol, isi dengan Rp kemudian klik OK, dan OK.Rupiah
  5. Sekarang buka Ms Excel anda dan perhatikan pada Account number Format yang ada pada Tab Home.Account number format RP
  6. Untuk menggunakannya, blok sel yang akan diatur nilai satuan RP kemudian klik pada symbol tersebut.

Semoga bermanfaat …. Barakallahu fiikum.

Baca Juga  Cara Merubah Tanda Pecahan Dari Koma Menjadi Titik Di Excel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *