unique visitor counter
kelebihan tabungan bank syariah indonesia

Kelebihan Tabungan Bank Syariah Indonesia: Cara Buka Tabungan

Satudetik.com – Anda mungkin pernah melihat kantor Bank Mandiri Syariah, BNI Syariah atau BRI Syariah di masa lalu. Namun, kini semuanya telah melebur dan berganti nama menjadi Bank Syariah Indonesia atau BSI. Jika anda ingin buka tabungan disini, anda harus mengetahui kelebihan Tabungan Bank Syariah Indonesia sampai cara buka tabungannya. Dan dibawah akan satudetik.com jelaskan dengan sederhana dan mudah dipahami.

Namun perlu anda ketahui bersama bahwa, Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia untuk produk tabungannya tentu memiliki kesamaan dengan produk tabungan bank syariah yang sebelumnya. Terdapat tabungan berbasis syariah serta tabungan pensiun hingga menyediakan tabungan haji.

Jenis Akad Tabungan Bank Syariah

Sebelum mengulas kelebihan tabungan Bank Syariah Indonesia berdasarkan jenisnya, ada baiknya anda mengetahui jenis-jenis akad tabungan. Secara umum, bank syariah memiliki dua jenis akad dalam tabungan:

  • Tabungan akad wadiah
  • Tabungan akad mudharabah
TRENDING  Ketahui 6 Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia

Tabungan Wadiah BSI

Tabungan Wadiah BSI adalah tabungan yang menggunakan sistem penitipan. Tujuan penitipan adalah agar klien bertindak sebagai penyimpan dana dan memberikan otorisasi kepada Bank syariah Indonesia untuk menggunakan dana tersebut.

Selain itu, dalam tabungan ini, tidak ada kesepakatan tentang pemberian bonus. Namun, Bank dapat menawarkan insentif sukarela tanpa persetujuan. Artinya, tabungan Wadiah tidak dimaksudkan untuk menambah nilai tabungan, melainkan dimaksudkan untuk tabungan saja. Dan ini merupakan salah satu kelebihan tabungan Bank Syariah Indonesia yang memiliki sistem dengan dasar hukum Islam.

Tabungan Mudharabah

Berbeda dengan deposito, Tabungan Mudharabah BSI merupakan tabungan yang memiliki pola kerjasama antara nasabah dengan Bank. Bank tidak hanya sebatas menerima uang setoran dari nasabah, tetapi bank diberikan izin pengelolaan dari setiap dana nasabah untuk memperoleh keuntungan.

Keuntungan dibagi antara Bank dan pelanggan sesuai kontrak. Keuntungan atau laba selama periode tertentu dapat dibagi sesuai kesepakatan, dan bisa bulanan atau tahunan. Namun apabila Bank mengalami kerugian saat mengelola dana tersebut, maka Bank akan menjamin seluruh kerugian tersebut. Dari pengertian tersebut, ternyata spekulasi didorong oleh dana investasi.

Kelebihan Tabungan Bank Syariah Indonesia

Jika anda memiliki keinginan untuk membuka rekening tabungan di Bank ini, tentu anda harus mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh layanan Bank Ini terhadap anda. Total ada lima produk tabungan dengan fungsi berbeda serta memiliki kelebihan masing-masing. Dan kelebihan Bank Syariah Indonesia tersebut adalah sebagai berikut:

TRENDING  Syarat Dan Cara Buka Tabungan Haji Mandiri Syariah

1. Tabungan Easy Wadiah dan Mudharabah

Tabungan ini adalah produk tabungan utama dari BSI. Untuk nasabah tabungan ini akan mendapatkan fasilitas Kartu ATM dan Mobile Banking. Tabungan Easy dibagi menjadi dua bagian, yaitu Tabungan Easy Wadiah serta tabungan easy Mudharabah. Dan memiliki manfaat serta kelebihan tabungan Bank Syariah Indonesia ini adalah:

Manfaat:

  • Tidak ada biaya administrasi bulanan.
  • Dapat melakukan tarik tunai di seluruh ATM Bank Mandiri secara gratis.
  • Transaksi di EDC Bank Mandiri dan EDC Prima Network Bank tidak dikenakan biaya administrasi.
  • Kartu ATM dapat digunakan di seluruh ATM BSI, Mandiri, Bersama, Prima, Link dan ATM berlogo VISA.

Kelebihan:

  • Bebas biaya tarik tunai dari ATM BSI dan ATM Bank Mandiri.
  • Bebas biaya transaksi di semua EDC Bank Mandiri dan Bank Prima.
  • ATM dapat digunakan di seluruh BSI, Mandiri, Bersama, Prima, Link dan ATM berlogo Visa.
  • Dapatkan bonus sebagai hasil dari 8-13% dari total keuntungan yang dikendalikan dari dana klien.

2. TabunganKu

Sama seperti tabungan banyak Bank lain, BSI memiliki produk TabunganKu. Kelebihan tabungan Bank Syariah Indonesia jenis ini dikeluarkan untuk pelanggan pribadi dengan persyaratan mudah dan ringan. Fasilitas ini diharapkan mampu meningkatkan budaya menabung di seluruh lapisan masyarakat.

Setoran awal untuk membuka rekening tabungan ini adalah Rp 20.000 untuk tabungan tanpa ATM, dan Rp 80.000 untuk tabungan dengan ATM.

Kelebihan

Daftar kelebihan dari tabungan Bank Syariah Indonesia dari jenis produk Tabunganku adalah sebagai berikut:

  • Persyaratan membuka tabungan mudah, cukup KTP atau NPWP saja.
  • Dapatkan fasilitas perbankan elektronik yang lengkap, dari BSI Mobile, hingga perbankan online.
  • Dapatkan diskon dari BSI yang bisa dari ATM dan debit.
  • Zakat dapat disalurkan dengan mudah.
TRENDING  5 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik 2021

3. BSI Giro

Tabungan Giro adalah produk tabungan untuk pribadi atau badan usaha dalam bentuk rupiah atau mata uang asing. Namun, rekening giro BSI hanya dapat menggunakan Rupiah. Penarikan saldo dapat dilakukan kapan saja, tetapi harus dilakukan pada jam kerja, menggunakan cek, kartu debit, atau kartu kredit.

Kelebihan tabungan Bank Syariah Indonesia dari produk ini adalah dana dalam Giro BSI akan diatur oleh BSI dengan konsep holding deposit dengan perjanjian bonus sebesar 3% dari total keuntungan dari penguasaan dana. Untuk membuka rekening tabungan ini, nasabah diharuskan melakukan setoran awal sebesar Rp 500.000 dan saldo minimal Rp 500.000.

Kelebihan Giro BSI:

  • Transaksi mudah dengan cek atau bilyet giro.
  • Dapatkan bonus bulanan sesuai kontrak dan peraturan BSI.
  • Dapatkan saldo tunai setiap bulan.

4. Tabungan Pensiun

Sesuai dengan namanya, Tabungan Pensiun merupakan jenis tabungan Bank Syariah Indonesia yang diperuntukan bagi nasabah perorangan untuk mempersiapkan hari tuanya. Dana nasabah akan diberikan kepada lembaga administrasi pensiun yang telah bekerja sama dengan BSI.

Kelebihan Tabungan Pensiun BSI:

  • Persyaratan pembukaan rekening sangat mudah.
  • Dapatkan fasilitas BSI Mobile dan Online Banking.
  • Dapatkan fasilitas BSI Debit Co Branding Taspen yang dapat digunakan sebagai ATM dan kartu debit.

5. Tabungan Mabrur

Tidak enak rasanya jika Bank syariah tidak memiliki tabungan untuk haji dan umroh. Produk tabungan terbaru dari Bank Syariah Indonesia adalah Tabungan Mabrur. Kelebihan tabungan Bank Syariah Indonesia ini berupa tabungan rupiah yang diprioritaskan untuk mempersiapkan nasabah berangkat haji dan umrah. Oleh karena itu, jika anda berniat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, anda bisa membuka rekening tabungan Haji Bank Syariah Indonesia ini agar uang tidak hilang.

Setoran awal untuk membuka rekening tabungan dari Mabrur itu mudah, cukup Rp 100.000 saja. Jika anda sudah mengumpulkan hingga Rp. 25.100.000, akan didaftarkan di Siskohat dari Kementerian Agama, untuk pendaftaran anda berangkat haji nanti.

TRENDING  Trading Forex Syariah Yang Terbaik Untuk Trader Muslim

Tabungan Tabungan Mabrur BSI:

  • Jika nomor kuota sudah terdaftar, nasabah dapat menggunakan kartu ATM di provider VISA dan Mastercard.
  • Dapatkan akses layanan perbankan elektronik, mulai dari SMS banking, mobile banking dan internet banking.
  • Tidak ada biaya administrasi.
  • Dapatkan kemudahan mendapatkan bagian dari keberangkatan haji.
  • Biaya haji bisa dibayar secara online.

Cara Buka Tabungan BSI Secara online

Jika anda sudah mengetahui kelebihan tabungan Bank Syariah Indonesia, anda harus mengetahui cara buka tabungan ini. Dan Rekening Tabungan Bank Syariah Indonesia dapat dibuka secara online. Yang penting untuk anda terlebih dahulu adalah mendownload aplikasi BSI Mobile di Android atau Iphone anda.

Berikut tata cara buka rekening Bank Syariah Indonesia Online.

  • Unduh aplikasi “BSI Mobile” di perangkat smartphone anda.
  • Kemudian buka aplikasi dan pilih “Buka akun”.
  • Pilih jenis akun Easy Wadiah atau Easy Mudharabah. (Untuk membuka rekening di BSI Mobile, prioritas hanya untuk tabungan easy).
  • Pilih jenis kartu ATM yang dibutuhkan.
  • Masukkan informasi kontak seperti email dan nomor ponsel aktif, lalu pilih Berikutnya.
  • Tunggu beberapa saat hingga anda menerima pesan teks dengan kode OTP.
  • Masukkan kode OTP 6 digit sesuai dengan perintah layar.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi data diri dan mengunggah dokumen yang diperlukan, seperti KTP dan foto KTP.
  • Selanjutnya, anda akan diminta untuk mengunggah gambar tanda tangan anda ke kertas putih.
  • Isi informasi tentang pekerjaan.
  • Kemudian cari kantor cabang BSI untuk membuka rekening.
  • Setelah selesai, anda akan dihubungi oleh petugas BSI untuk proses verifikasi.
  • Dan jika verivikasi tersebut sudah disetujui, anda akan diminta untuk datang ke kantor cabang Bank Syariah Indonesia untuk melakukan setoran awal dan mengambil buku tabungan dan Kartu ATM.
TRENDING  Ketahui 6 Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia

Demikian penjelasan tentang kelebihan tabungan Bank Syariah Indonesia dan cara buka rekening sekaligus. Dari penjelasan diatas dapat di artikan bahwa setiap transaksi keuangan dalam Bank syariah Indonesia ini sangat mudah dan aman. Karena Bank ini murni menggunakan dasar hukum Islam dalam setiap transaksinya. Dan semoga dari penjelasan diatas dapat membantu anda.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Bank Syariah Indonesia Terdekat ,Buka Rekening Bank Syariah Indonesia Online ,Tabungan Autosave Bank Syariah Indonesia ,Tabungan Wadiah Bsi ,Bsi Bank Syariah Indonesia Website ,Kelebihan Bank Syariah Indonesia ,Syarat Buka Rekening Bsi Offline

Baca Juga

tabunganku bsi

Cara Buka Tabunganku BSI Dan Biaya Setoran Awal

Satudetik.com – Menabung di Bank saat ini tidaklah sulit, karena setiap orang dapat dengan mudah …

THIS CONTENT IS PROTECTED DMCA