unique visitor counter
tabungan anak

Tips Dan Cara Memilih Tabungan Anak Terbaik

Satudetik.com – Tabungan anak adalah deposit dalam bentuk rekening di bank dengan nama anak sebagai nasabah dan orang tua sebagai pemilik identitas rekening. Ini biasanya ditujukan untuk anak-anak di bawah usia 17 tahun. Ini karena anak tidak memiliki identitas untuk membuka rekening di bank.

Ini mempunyai tujuan agar anak-anak terbiasa menabung lebih awal. Nantinya ketika anak sudah dewasa diharapkan mereka akan mampu mengelola uangnya dengan baik. Oleh karena itu, banyak orang tua mengajarkan dan menyiapkan rencana keuangan lebih awal.

Tips Dan Cara Memilih Tabungan Anak

Dengan membuka rekening di bank yang memberikan layanan tabungan kepada anak. Anda akan memberikan pembelajaran kepada anak tentang pentingnya menabung dengan baik. Berikut ini adalah tips untuk memilih tabungan anak terbaik:

Tips Memilih Tabungan Khusus Anak

Memilih layanan tabungan untuk buah hati anda, tentu anda harus memilihnya dengan baik dan tepat. Anda tidak bisa sembarangan memberikan layanan tabugan tersebut karena itu merupakan sebuah aset jangka panjang buat anak anda. Dan di bawah ini akan kami jelaskan beberapa tips memilih tabungan teruntuk buah hati anda:

Pilih tabungan awal kecil

Untuk mencari Bank yang menyediakan tabungan bagi anak, perhatikan jumlah setoran awal bank. Setoran tabungan ini biasanya sudah lebih kecil dari tabungan biasa. Oleh karena itu, orang tua dapat menggunakan hasil celengan ataupun tabungan dirumah anak anda untuk setoran awal. Dengan cara ini, anak-anak akan lebih antusias menabung.

TRENDING:  Bagaimana Syarat dan Cara Buka Tabungan Rencana Mandiri?

Jumlah saldo minimum

Jumlah deposit untuk setiap Bank berbeda. Oleh karena itu, jumlah setoran awal dan setoran berikutnya harus dipertimbangkan. Semakin rendah setoran minimum, semakin mudah bagi anak untuk menyetor uang ke Bank. Anak-anak juga lebih antusias menyetorkan uang jajannya yang ia sisihkan setiap hari.

Tidak perlu sekaligus disetorkan langsung, anda sebagai orang tua bisa menyimpannya terlebih dahulu. Setelah mengumpulkan semuanya, orang tua dan anak-anak bisa pergi ke Bank sehingga anak merasa disetorkan ke bank.

Perhatikan persyaratannya

Sebagian besar Bank biasanya memiliki persyaratan dalam deposit mereka. Salah satunya adalah KTP yang dibutuhkan Bank. Nah, khusus tabungan anak biasanya memiliki syarat bagi anak di bawah usia 17 tahun.

Anak tidak memiliki kartu identitas sendiri. Oleh karena itu, kartu identitas orang tua diperlukan untuk layanan ini. Namun, akun biasanya masih menggunakan nama anak. Hal ini agar anak-anak lebih antusias menabung.

Biaya administrasi rendah

Suka atau tidak suka, menabung di Bank tentu ada biaya administrasi yang dibebankan kepada nasabah. Membuka rekening tabungan untuk anak berbeda dari biasanya. Jika anda memiliki tabungan penghasilan yang biasa setiap bulan kirimkan ke rekening. Namun, tabungan pribadi anak-anak tidak.

Jadi, jangan sampai anda memilih bank yang memiliki biaya administrasi tinggi untuk menguras tenaga. Oleh karena itu, biaya administrasi Bank harus dipertimbangkan dengan hati-hati sebagai tabungan anak. Beberapa bank memberikan tabungan khusus untuk anak-anak tanpa potongan sedikit pun, tetapi pastikan ada kondisi tertentu atau tidak.

Pertimbangkan Promo Menarik

Setelah itu, jangan lupa untuk memperhatikan layanan perbankan yang menawarkan promosi menarik. Misalnya, dapatkan tiket anak-anak gratis ke taman bermain anak-anak, promosi belanja untuk kebutuhan anak-anak, dll. Ada banyak layanan perbankan yang menawarkan promosi menarik pada tabungan pribadi anak-anak. Oleh karena itu, orang tua juga harus mempertimbangkan hal ini.

TRENDING:  Cara Dan Syarat Buka Rekening Tabunganku Mandiri

Tabungan Atas Nama Anak Dan Terdapat Kartu ATM

Bank biasanya akan memberikan kartu ATM pada tabungan di sekolah. Nama anak dapat dimasukkan dalam kartu ATM sehingga ia lebih bangga dan lebih antusias menabung. Biarkan anak memilih kartu ATM-nya. Meskipun layanan kartu ATM disediakan, ada baiknya untuk tidak memberikan kartu kepada anak-anak.

Hal ini dikenal berbahaya jika kartu hilang dan tabungan dapat dengan mudah dicuri. Yang terbaik adalah memiliki kartu ATM yang dipegang oleh orang tua lebih aman. Atau anda juga bisa dengan tidak memberikan PIN kepada anak.

Kartu dengan Design Keren

Desain kartu ATM yang keren juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih tabungan anak. Mengapa? Karena dengan desain yang menarik, anak akan lebih aktif dalam menabung di bank. Oleh karena itu, perhatian menjadi hal yang baik untuk masa depan.

Bunga Yang Tinggi

Sama halnya dengan tabungan publik lainnya, yang memiliki suku bunga yang menguntungkan pelanggan. Perlu juga dicatat tabungan anak itu sendiri. Pilih Bank yang memberikan suku bunga tinggi pada saldo minimum terendah. Hal ini dilakukan dengan tujuan anak-anak memahami bahwa menabung itu menguntungkan. Jadi anak semakin banyak beraktivitas dalam menabung.

Mempunyai Poin Reward

Anda perlu memperhatikan poin Reward atau bonus bank yang tersedia di layanan tabungan. Hal ini tentunya bertujuan untuk menghemat keuntungan dari membuka rekening tabungan khusus untuk anak-anak. Anak juga akan diberi sebuah keuntungan dari ini.

Karena banyak bank memberikan poin bonus ini kepada pelanggan aktif. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menggunakannya, sehingga anak-anak juga lebih rajin menabung.

Cara Membuat Rekening untuk Anak

Membuat akun Rekening untuk anak mungkin sama dengan membuat akun normal. Sejauh ini tabungan anak bisa dilakukan secara online. Oleh karena itu, anda bisa mendaftar secara online tanpa harus datang ke kantor cabang bank. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat akun anak yang perlu diketahui orang tua:

Pilih Bank dan Jenis Tabungan Sesuai Kebutuhan

Cara pertama adalah dengan menentukan Bank dan jenis tabungan yang anda butuhkan sebagai orang tua. Jenis yang disediakan oleh beberapa Bank biasanya beragam, seperti tabungan pendidikan anak, tabungan investasi anak ataupun tabungan anak biasa.

Anda dapat bertanya kapan anda datang ke Bank untuk membuka tabungan, atau anda juga dapat mengetahui layanan Bank mana secara online yang menyediakan segala jenis tabungan untuk anak.

Pergi Ke Kantor Cabang Bank Terdekat

Cara membuat rekening Bank selanjutnya adalah pergi ke kantor cabang bank terdekat. Metode ini mencakup apa yang lebih mudah dilakukan daripada harus mencantumkan tabungan secara online. Selain itu, banyak manfaat yang anda dapatkan dengan pergi ke bank.

Isi Formulir Pendaftaran Tabungan

Ketika anda pergi ke kantor cabang terdekat, anda akan diarahkan ke departemen layanan pelanggan. Setelah itu, anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran tabungan anak pilihan anda. Formulir ini biasanya berisi identitas orang tua dan anak.

Itu juga tergantung pada jenis tabungan yang anda pilih. Namun, biasanya berkas seperti akta kelahiran, kartu keluarga, KTP orang tua atau kartu pelajar untuk anak. Jadi siapkan berkas tersebut, yang mungkin ditanyakan saat menginput tabungan pribadi anak-anak.

TRENDING:  Cara dan syarat Buka Tabunganku BNI Terkini

Surat Pernyataan Orang tua

Selanjutnya, orang tua akan diminta untuk memberikan surat keterangan tertulis yang akan membuka rekening tabungan. Surat ini biasanya tidak disiapkan oleh orang tua, namun terkadang ada beberapa bank yang memfasilitasi dengan menyerahkan sertifikat orang tua tersebut. Kita hanya perlu mengisi identitas dalam kesaksian.

Setoran Awal Buka Rekening

Langkah terakhir adalah melakukan setoran awal sebagai syarat utama untuk membuka rekening. Jumlah deposit ini tergantung pada kebijakan Bank dan jenis tabungan yang dibutuhkan. Jadi, siapkan saja cukup uang untuk setoran awal. Setelah itu, pembukaan rekening akan diproses dan saldo awal akan langsung masuk ke rekening bank.

Apa Saja Manfaat Tabungan Anak?

Manfaat apa saja yang di dapatkan di dalam layanan tabungan anak ? dan kenapa anak anda harus menabung di dalam layanan perbankan ? Manfaat yang didapatkan ketika anda mengunakan layanan tabungan bagi buah hati anda adalah bisa memberikan sebuah edukasi sejak dini unutk sadara akan pentingnya menabung. Dan dibawah ini penjelasannya:

Bisa Melatih Kesabaran

Manfaat pertama dari tabungan ini adalah melatih anak untuk bersabar. Karena pepatah mengatakan bahwa sedikit demi sedikit, lama kelamaan akan menjadi sebuah bukit. Ini mungkin bisa menjadi salah satu konsep menabung. Tabungan bukanlah kegiatan langsung. Bagaimana cara menggunakan tabungan untuk melatih kesabaran anak-anak?

Caranya adalah dengan memberikan tujuan bagi anak, bahwa dengan menabung anak anda akan bisa membeli sesuatu menggunakan uang mereka sendiri. Dari sesuatu yang kecil seperti itu, anak akan memiliki konsep bahwa jika ingin mendapatkan sesuatu, ia harus menabung terlebih dahulu. Kesabaran anak anda akan terlatih dalam kegiatan ini.

Menghargai Uang Sejak Dini

Manfaat berikutnya adalah mengajarkan anak-anak nilai uang sejak dini. Hal ini agar anak-anak tidak mudah membuang-buang uang. Dengan menabung, anak-anak anda akan menghargai uang yang telah dia kumpulkan. Dengan demikian, ia akan mengetahui kesulitan menabung dan bisa menggunakan uang dengan baik.

Disiplin Mengatur Keuangan

Setelah memberikan pembelajaran tentang kesabaran dan menilai uang lebih awal, tabungan anak juga akan memberikan edukasi kepada anak untuk disiplin untuk mengatur keuangannya. Dengan cara ini, anak akan secara otomatis mengalokasikan uang untuk menabung.

Anak-anak juga akan lebih efisien dalam mengelola uang mereka, mereka yang perlu disediakan dan mereka yang perlu memenuhi kebutuhan mereka. Sebagai orang tua, kita hanya perlu mengawasi dan memberikan hadiah sebagai insentif untuk menabung.

TRENDING:  15 Jenis Tabungan BNI Yang Harus Anda Ketahui

Memperkenalkan Konsep Emergency Fund

Selain tiga poin yang disebutkan di atas, manfaat berikut ini adalah pengenalan konsep dana darurat pada anak. Konsep dana darurat dirancang agar anak-anak mengerti tentang menyiapkan uang untuk hal-hal yang tidak terduga di masa depan.

Konsep ini sebenarnya banyak digunakan untuk orang dewasa, namun tidak ada salahnya menerapkan konsep ini kepada anak-anak sejak usia dini. Contoh dana darurat untuk anak-anak adalah mengajarkan anak-anak tanggung jawab penuh jika sepeda atau bagasi mereka rusak dan perlu diperbaiki. Oleh karena itu, anak-anak dapat diajarkan untuk mendapatkan keuntungan dari dana darurat.

Bijak Dalam Menggunakan Uang

Manfaat terakhir adalah mendorong anak untuk menggunakan tabungan dengan bijak. Beri anak anda kesempatan untuk membuat keputusan tabungan untuk apa yang biasa mereka lakukan. Tetapi mereka tetap berada di bawah pengawasan orang tua, dengan mengarahkan anak-anak untuk tetap terlatih dalam pengambilan keputusan.

Dan demikian merupakan penjelasan tentang tips dan cara memilih tabungan anak yang terbaik bagi anda dan anak anda. Semoga dari penjelasan satudetik.com tersebut dapat bermanfaat dan memberikan informasi yang anda butuhkan untuk referensi memilih tabungan yang tepat bagi anak anda.

Check Also

tabungan anak terbaik

7 Daftar Layanan Tabungan Anak Terbaik

Satudetik.com – Menabung merupakan sebuah hal yang tentu penting untuk kita ajarakan kepada anak. Karena …