unique visitor counter
cara membuat laporan wawancara yang baik dan benar

Bagaimana Cara Membuat Laporan Wawancara Yang Baik Dan Benar

Satudetik.com – Wawancara merupakan salah satu instrumen untuk mendapatkan data utama dan data pendukung dalam tugas maupun penelitian. Dalam melakukan wawancara anda tentu membutuhkan laporannya, nah dalam hal ini anda tentu harus mengetahui cara membuat laporan wawancara yang baik dan benar kan !

Sebelum melakukan aktivitas wawancara, tentu anda sudah mempersiapkan topik wawancara, daftar perrtanyaan dan yang sangat penting adalah orang yang akan anda wawancarai. Dan tentunya hal hal tersebut harus anda persiapkan dengan baik.

Cara Membuat Laporan Wawancara Yang Baik dan Benar

Dalam mempersiapkan laporan hasil wawancara anda, tentu anda harus melakukan beberapa langkah yang akan menjadikan laporan anda baik dan benar. Ketika anda tidak mempersiapkannya dengan benar dikhawatirkan laporan yang anda buat akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

Karena wawancara berkaitan dengan orang yang diwawancarai, anda harus dengan teliti merangkum setiap poin penting yang anda dapatkan dari wawancara. Serta hasil wawancara sesuai dengan tujuan dari anda melakukan wawancara.

Berikut Beberapa langkah yang harus anda persiapkan untuk membuat laporan wawancara :

1. Siapkan Format Laporan

Sebelum anda menulis laporan wawancara, anda harus memastikan bahwa format laporan sudah anda ketahui, agar anda terhindar dari kebingungan saat menulis. Alur laporan akan terstruktur dengan baik dan jelas.

Untuk mendapatkan bentuk yang baik dan tepat, sertakan beberapa informasi penting, dari latar belakang orang yang anda wawancarai sampai pada saran selanjutnya dari Anda sebagai penulis.

2. Daftar Pertanyaan Wawancara

Sebelum anda wawancara, anda harus menyiapkan pertanyaan pertanyaan yang anda butuhkan sebagai instrumen mendapatkan data, kalau perlu anda mencatatnya agar anda terhindar dari lupa pertanyaannya saat anda wawancara.

Dan pastikan bahwa daftar pertanyaan yang anda buat, terjawab semua oleh orang yang anda wawancarai. Agar data yang anda butuhkan untuk membuat laporan wawancara tidak ada yang kurang.

3. Cek Data Yang Anda Dapatkan

Dalam sesi wawancara, tentu tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan informasi penting dari sumber. Oleh karena itu, ketika Anda pergi untuk mengirimkan laporan maka Anda harus memeriksa apakah data yang diperoleh lengkap atau tidak.

Ketika ada data yang kurang, maka harus diselesaikan terlebih dahulu agar hasil laporan bisa benar-benar lengkap nantinya.

4. Siapkan Peralatan Pendukung

Untuk menulis laporan, tentu dibutuhkan cara membuat laporan wawancara yang baik dan benar. Dan hal tersebut juga membutuhkan perangkat seperti PC atau Laptop yang siap untuk digunakan.

Perangkat lain yang anda butuhkan adalah kertas, pensil/pena serta perangkat lainnya yang dapat membantu anda saat membuat laporan wawancara.

5. Pakai Kalimat yang Mudah Dipahami

Ketika anda sudah mulai menulis laporan wawancara, usahakan menggnakan diksi yang baik dan dapat dipahami, karena tentu sumber yang anda wawancarai akan memiliki cara bahasa berbicara yang berbeda beda kan.

Meminimalisir kesalahan penulisan, mungkin baik juga anda menyiapkan kamus KBBI untuk memudahkan anda mendapatkan kata yang tepat. Dan usahakan laporan yang anda buat tersebut ditulis dengan sederhana namun memiliki nilai informasi yang berkelas.

6. Cek Ulang Data/Tulisan

Setelah anda menyelesaikan laporan wawancara anda, disarankan jangan terburu buru untuk menyudahinya. Namun cobalah untuk mengeceknya lagi, apalagi dengan poin poin yang sangat penting dalam laporan anda.

Jika anda mengeceknya lagi, anda akan memiliki celah kecil dalam kesalahan penulisan laporan. Membaca ulang laporan yang sudah anda buat secara keseluruhan sangat baik untuk anda mengetahui apakah sudah benar format dan struktur laporan wawancara anda.

7. Konfirmasi data ke Sumber Data

Jika anda masih ada yang ragu dari data yang sudah anda dapatkan ketika anda melakukan kroscek, sebaiknya anda menanyakannya lagi kepada sumber yang anda wawancarai. Karena kalau terjadi kesalahan itu akan mengakibatkan hal yang tidak di inginkan.

8. Evaluasi Terakhir Laporan Wawancara

Setelah anda melakukan tahap demi tahap tentang laporan wawancara di atas, seharusnya laporan wawancara anda akan dianggap lengkap dan baik. Dan yang terakhir merupakan penilaian terhadap laporan anda sampai publikasi.

Demikian merupakan cara membuat laporan wawancara yang baik dan benar yang dapat membantu pekerjaan anda menjadi lebih mudah dengan hasil yang maksimal. Terima kasih.