unique visitor counter
kur bni prakerja

Cara Dan Syarat Daftar KUR BNI Prakerja 2021

Satudetik.com – Sebagai salah satu anggota dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Bank Negara Indonesia (BNI) memberikan berbagai produk kredit yang berkualitas. Namun, produk kredit KUR BNI Prakerja merupakan salah satu program yang sangat menarik bagi pelaku usaha kecil menengah. Selain KUR BRI dan KUR mandiri, tentu Kredit Usaha Rakyat BNI menjadi pilihan yang baik buat anda.

Namun, terdapat juga KUR BNI Prakerja yang hanya memiliki bunga 3% bagi UMKM yang terdaftar di dalam program prakerja. Program ini akan berlaku dari Juli 2021 hingga Desember 2021. Baca lebih lanjut dalam bahasan berikut.

Cara Dan Syarat Daftar KUR BNI Prakerja

Kredit Usaha Rakyat BNI dan keunggulannya

Seperti bank lainnya, Bank BNI memiliki berbagai produk kredit untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Diantaranya, BNI memberikan KUR kepada UMKM yang mempunyai usaha produktif.

Suku bunga jenis KUR yang mempunyai nilai lebih rendah dibandingkan kredit BNI lainnya seperti kredit instan, flexing, multiguna dan kredit tanpa agunan (KTA), yaitu hanya 6 %.

Kredit Usaha Rakyat ( KUR ) dari BNI di 2020, penyalurannya per 31 Juli 2020 telah sampai Rp 9,76 triliun serta 257.616 penerima manfaat di seluruh wilayah Indonesia.

Beberapa hal unggulan dari KUR BNI dalam mendorong penyaluran KUR meliputi:

  • Pemerintah menyatakan bahwa BNI merupakan Bank penyalur KUR terbaik di tahun 2019.
  • Melakukan distribusi berdasarkan klaster kelompok unggul.
  • Sinergi perusahaan negara (BUMN) dan startup untuk memberikan pelatihan.
  • Kerjasama linkage dengan memprioritaskan akses mudah keuangan dan bantuan untuk meningkatkan hasil bisnis.
  • Pengajuan pinjaman yang mudah dengan bentuk e-form BNI.
  • Biaya provisi dan layanan gratis.
  • Ada bantuan kepada nasabah KUR melalui program one village one product.
TRENDING:  Syarat Pinjaman KUR BRI Yang Harus Anda Ketahui

Dalam usaha untuk memulihkan ekonomi nasional, Bank BNI membantu nasabah KUR melalui program one village one product (OVOP). Gaya OVOP sendiri adalah mendorong setiap desa untuk menemukan dan mengembangkan produk unggulan yang khas, yang berbeda karakteristik produk dari desa lain.

Selanjutnya, Bank BNI akan membantu masyarakat desa dalam mengidentifikasi produk unggulan dan memfasilitasi produksi menggunakan bantuan permodalan, untuk memperluas akses pasar, baik melalui pemasaran online maupun pasar ekspor dengan bantuan Kantor Cabang Luar Negeri BNI. Menarik, bukan?

Program Kredit Usaha Rakyat BNI

Saat ini, BNI menawarkan beberapa jenis KUR, yaitu:

  1. KUR Mikro
  2. KUR Ritel
  3. KUR TKI
  4. KUR Khusus

Untuk perbedaan antara masing-masing produk BNI dalam KUR, antara lain:

1. KUR Mikro

BNI memberikan KUR ini ke nasabah yang akan dimanfaatkan untuk dana pengembangan bisnis lewat plafon pinjaman sampai jumlah nominal Rp 25 juta. Jangka waktu yang disediakan untuk nasabah kredit KUR ini adalah 4 tahun.

Anda tidak perlu menyediakan jaminan untuk layanan KUR ini, karena jaminan KUR mikro merupakan usaha anda sendiri.

TRENDING:  Syarat Pinjaman KUR BRI Yang Harus Anda Ketahui

2. KUR Ritel

Sama halnya dengan KUR Mikro, BNI memberikan tambahan modal kepada pengusaha namun dengan batas pinjaman lebih tinggi dari Rp25 juta, yaitu sampai Rp500 juta.

Setelah itu untuk waktu pengembalian kredit selama 4 tahun untuk modal usaha serta 5 tahun untuk kredit investasi. Orang yang mengajukan KUR ritel harus menyerahkan jaminan sesuai dengan ketentuan Bank BNI yang berlaku.

3. KUR TKI

Kur TKI akan di berikan Bank BNI kepada para calon Tenaga Kerja Indonesia sebagai modal awal di negara tujuan kerja. Ini juga bisa digunakan untuk keluarga yang ditinggalkan di dalam negeri. Besaran pinjaman KUR TKI sama dengan KUR Mikro, yaitu Rp25 juta dengan durasi maksimal 3 tahun atau sesuai kontrak kerja.

Tetapi tidak semua pekerja (TKI) di semua negara dapat memperoleh manfaat dari layanan ini. Bank BNI hanya memberikan layanan ini pada beberapa negara tujuan termasuk Singapura, Brunei, Jepang, Korea, Hong Kong, Taiwan, dan Malaysia.

4. KUR Khusus (KUR Tani)

KUR ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha masyarakat pertanian, seperti pedagang pupuk dan perangkat pertanian pendukung lainnya. Jangka waktu pelunasan KUR Tani adalah 5 bulan atau sama dengan satu musim panen.

Harapannya adalah bahwa setelah panen, petani akan dapat membayar kembali pinjaman modal usaha yang mereka pinjam.

TRENDING:  Syarat Pinjaman KUR BRI Yang Harus Anda Ketahui

5. KUR Super Mikro BNI

BNI menawarkan KUR Super Mikro BNI kepada pekerja yang mengalami PHK serta ibu rumah tangga yang memiliki usaha produktif. Bank BNI telah menyediakan KUR Super Mikro ini mulai 2020.

Pekerja yang mengalami PHK, serta ibu rumah tangga yang mempunyai usaha memiliki kesempatan memperoleh KUR Super Mikro BNI dengan bisnis kecil pertama mereka.

Berikut ketentuan KUR Super Mikro BNI 2021.

  • Bank BNI menetapkan suku bunga super mikro sebesar 0% per 31 Desember 2020 serta sebesar 6% setelah 31 Desember 2020.
  • Jumlah kredit maksimal Rp10 juta.
  • Dalam KUR Super Mikro BNI, jaminan utama merupakan bisnis atau proyek yang didanai KUR, serta tidak diperlukan jaminan tambahan.
  • BNI tidak membatasi lamanya usaha bagi calon penerima KUR mikro minimal enam bulan. Ini berarti bahwa durasi pekerjaan bisa kurang dari enam bulan dengan persyaratan untuk mengikuti program bimbingan (formal atau informal); menjadi anggota kelompok usaha; atau memiliki anggota keluarga yang sudah memiliki usaha.
  • BNI tidak mewajibkan karyawan yang di-PHK untuk memiliki minimal tiga bulan kerja dengan pelatihan tiga bulan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 8 Tahun 2019 tentang pedoman KUR. Tetapi bisa kurang dari 3 bulan atau dengan menjalankan usaha baru.
  • Belum pernah menerima KUR.
TRENDING:  Syarat Pinjaman KUR BRI Yang Harus Anda Ketahui

6. KUR BNI Prakerja

Seperti pada awal artikel, pemerintah memberikan subsidi bunga bagi UMKM yang mengajukan pinjaman pada KUR Prakerja Bank BNI. Bunga yang diberikan menarik, yaitu hanya 3%.

Program ini berlaku bagi UMKM yang merupakan lulusan program kartu prakerja. Pelajari tentang syarat dan ketentuan hingga Anda siap. Program ini berlangsung selama 6 bulan dan berlangsung hingga Desember 2021.

Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan KUR Prakerja :

Program ini untuk mereka yang sebelumnya telah mendaftar dan menerima bantuan pelatihan dari kartu pra kerja

  • Mengajukan kredit berupa surat kepada Bank BNI melalui formulir online KUR BNI Prakerja di website https://eform.bni.co.id/BNI_eForm/kurOption.
  • Setelah menerima permohonan, Bank BNI akan melakukan survei kelayakan usaha.
  • Jika BNI menyatakan bahwa bisnis Anda memenuhi syarat untuk kredit, bank akan mengajukan surat perjanjian kredit yang akan ditandatangani.
  • Pastikan kredit yang dibayarkan dengan cara dicicil dikembalikan sampai lunas. Dengan demikian, bank akan melihat Anda memiliki komitmen sehingga mudah jika Anda ingin mengajukan kredit lagi di masa depan.

Beberapa perubahan pada Kebijakan KUR, yang mulai berlaku mulai Juli 2021, meliputi:

  • Menaikkan plafon kredit KUR tanpa jaminan, semula hanya 50 juta rupiah, sampai Rp 100 juta.
  • Mengacu pada Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2021 tentang Memaksimalkan Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, peserta Program Ketenagakerjaan Republik Indonesia dapat menjadi peserta program BPJS ketenagakerjaan.
  • Pelaku UMKM ini dan komoditas lainnya di sektor produktif akan masuk dalam kategori KUR Khusus. Yang awalnya, program KUR sendiri hanya diberikan kepada UMKM, yang beroperasi di bidang pertanian, perikanan dan peternakan masyarakat.
TRENDING:  Syarat Pinjaman KUR BRI Yang Harus Anda Ketahui

Syarat pengajuan KUR BNI

Tidak jauh beda dengan  syarat KUR BRI dan KUR Mandiri, Jika ingin mengajukan KUR dari bank BUMN ini, Anda harus memenuhi persyaratan umum dan melengkapi dokumen. Apa saja persyaratan pengajuan KUR BNI?

Syarat Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Nasabah setidaknya berusia 21 tahun atau sudah menikah.
  3. Nasabah mengelola bidang usahanya dengan waktu minimum 6 bulan.
  4. Pastikan bahwa calon nasabah tidak memiliki atau mendapatkan kredit dari bank lain.

Syarat administrasi

  1. Fotokopi E-KTP dan Kartu Keluarga.
  2. Fotokopi Surat Nikah bagi yang sudah menikah.
  3. Fotokopi Surat Ijin Usaha atau Keterangan Usaha Dari Kelurahan.
  4. Fotokopi dokumen jaminan untuk kredit KUR di atas Rp50 juta.
  5. NPWP untuk kredit KUR di atas Rp50 juta.

Syarat administrasi atau dokumen KUR BNI untuk Badan Usaha

  1. Fotokopi E-KTP dan Kartu Keluarga.
  2. Fotokopi Surat Ijin Usaha atau Keterangan Usaha yang diterbitkan Pemerintah Daerah dan/atau surat keterangan usaha dari Kelurahan setempat atau surat izin lainnya.
  3. Fotokopi dokumen jaminan untuk kredit KUR di atas Rp50 juta.
  4. NPWP untuk kredit KUR di atas Rp50 juta.
  5. Selain itu, Bank BNI juga membebankan biaya administrasi KUR maksimal Rp150 ribu kepada nasabah.
  6. Lalu bagi nasabah yang menunggak cicilan, akan dikenakan denda sebesar 5 persen per tahun dari saldo yang tertunggak.
TRENDING:  Syarat Pinjaman KUR BRI Yang Harus Anda Ketahui

Demikian penjelasan lengkap tantang cara dan syarat daftar KUR BNI Prakerja 2021 yang dapat anda jadikan referensi. Dan membantu anda menyelesaikan masalah keuangan anda.

Check Also

pinjaman kur bni

Cara Dan Tips Mengajukan Pinjaman KUR BNI 2021

Satudetik.com – Ada beberapa Bank yang memiliki program/layanan Kredit Usaha Rakyat ( KUR ), seperti …