unique visitor counter
kredit usaha rakyat bri

Cara Pengajuan Kredit Usaha Rakyat BRI Tahun Ini

Satudetik.com – Kredit Usaha Rakyat BRI (KUR) adalah pinjaman BRI yang menyediakan solusi dana UKM pemerintah. Keuntungan kredit KUR BRI adalah bunga rendah, 7% efektif per tahun. Bagaimana cara mengajukan BRI KUR untuk disetujui? Ikuti pedoman terbaik KUR BRI 2019 – 2020 tentang suku bunga, syarat pinjaman KUR, simulasi, tips pemesanan yang disetujui dan jadwal cicilan KUR BRI 2019 – 2020. Apa perubahan KUR BRI tahun 2020? Berapa banyak bunga yang dibuat bank? Bagaimana cara merestrukturisasi kredit KUR?

Di era globalisasi ini, banyak orang memilih untuk memilih karir dari karyawan ke pengusaha. Selain tidak memiliki hubungan tertentu dengan pihak lain, perusahaan juga mampu mendatangkan penghasilan yang dapat membuat Anda kaya dalam waktu singkat.

Kedengarannya begitu mudah, bukan? Tetapi kenyataannya tidak begitu mudah, karena bisnis membutuhkan modal dan keterampilan yang berkualitas. Jika tidak diimbangi oleh kedua faktor tersebut dipastikan usaha anda tidak berlangsung lama.

Modal adalah masalah klasik bagi UKM. Studi OJK (2018) menunjukkan bahwa kesenjangan pendanaan terbesar terjadi pada perusahaan UMKM.

TRENDING:  Cara dan Syarat Buka Rekening BRI Terbaru

Pengertian Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Untuk mengatasi masalah permodalan dan kesenjangan pendanaan ini, Pemerintah Indonesia telah meluncurkan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari tahun 2017, 2018 hingga 2019.

Tujuan KUR adalah untuk memberikan akses ke kredit, inklusi keuangan, kepada pengusaha kecil dan menengah yang belum bisa mendapatkan kredit ke bank.

Dan memungkinkan UKM dan perusahaan koperasi, menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan, Pemerintah telah mengeluarkan paket kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan sektor riil dan memberdayakan UKM.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah kredit modal kerja/pembiayaan dan/atau investasi bagi debitur perorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak namun tidak memiliki jaminan tambahan atau jaminan tambahan yang tidak mencukupi.

UKM beserta koperasi diharapkan bisa menjangkau layanan komersial bersama merupakan orang yang menjalankan usaha di sektor usaha produktif, diantaranya: pertanian, perikanan, kelautan, industri, kehutanan, tabungan jasa keuangan dan pinjaman.

KUR dapat disalurkan secara langsung, artinya UMKM dan koperasi memiliki akses langsung terhadap KUR di kantor cabang atau kantor cabang pembantu.

Untuk mendekatkan layanan kepada usaha kecil, penyaluran KUR juga dapat dilakukan secara tidak langsung, yang berarti usaha kecil memiliki akses terhadap KUR melalui lembaga keuangan mikro dan koperasi KSP/USP, atau melalui kegiatan linkage program lain yang bekerja sama dengan bank pelaksana.

TRENDING:  Cara dan Syarat Buka Rekening BRI Terbaru

Program KUR Bank BRI

Apa itu Kredit Usaha Rakyat BRI ?

KUR BRI adalah kredit yang diberikan Bank BRI kepada masyarakat kecil agar dapat memulai usaha. Kredit investasi atau kredit modal kerja diberikan oleh Bank BRI dengan batas kredit yang lebih tinggi sebesar Rp 500 juta.

Opsi kredit ini lebih diarahkan untuk usaha kecil, koperasi dan usaha kecil menengah dengan usaha produktif.

Ada tiga fitur atau kata kunci dari KUR :

  • Pinjaman modal kerja dan kredit investasi. Skema KUR merupakan modal kerja dan kredit investasi untuk unit bisnis produksi.
  • Pengusaha. Tujuan dari pinjaman klien ini adalah pemberi kerja individu dengan persyaratan kredit maksimum Rs. 500 juta.
  • Bunga adalah subsidi pemerintah murah yang bebas dari biaya manajemen atau tabungan. Pinjaman ini disubsidi pemerintah dan dijamin oleh asuransi kerugian kredit oleh perusahaan asuransi milik negara.
TRENDING:  Cara dan Syarat Buka Rekening BRI Terbaru

Kredit Usaha Rakyat BRI dibagi menjadi tiga kategori : KUR Mikro, KUR Ritel, dan TKI KUR.

KUR Mikro

  • Syarat Angsuran Kredit Ussaha Rakyat BRI

Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro Bank BRI merupakan modal kerja atau kredit investasi menyediakan plafon pinjaman sampai Rp 25 juta per debitur memakai ketentuan produk khas sebagai berikut:

  1. Kredit maksimum per debitur adalah Rp 25 juta.
  2. Jenis kredit: Kredit Modal Kerja (KMK) menggunakan jangka waktu maksimal 3 tahun per debitur; kredit investasi (KI) meggunakan jangka waktu maksimal 5 Tahun per debitur.
  3. Berapa bunga yang dilakukan Berri Bank? Suku bunga yang bisa dipakai untuk Bank Kredit KUR Mikro BRI 7% berlaku per tahun atau bulan yaitu 0,41% tetap.
  4. Tidak ada biaya administrasi atau provisi.
  • Syarat KUR Mikro Bank BRI
  1. Individu atau perorangan yang memiliki upaya produk yang layak
  2. Dia telah aktif menjalankan bisnisnya setidaknya selama enam bulan.
  3. Tidak dalam proses memperoleh kredit dari bank lain kecuali kredit konsumtif seperti KKB, kartu kredit dan KPR.
  4. Persyaratan administrasi berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), surat izin kerja, dan kartu keluarga (KK).

KUR Ritel

Bagaimana jika Anda ingin meminjam 100 juta KUR? Ada opsi KUR ritel yang bisa memberikan pinjaman sebesar 100 juta kepada nasabah KUR BRI.

KUR Retail Bank BRI adalah kredit investasi atau kredit modal kerja yang disediakan kepada debitur bagi usaha yang layak serta produktif, minimal mulai dari nominal Rp 25 juta sampai maksimal SAR 500 juta per debitur, sesuai ketentuan produk yang khas berikut:

  1. Plafon KUR Ritel BRI minimal Rp 25 juta dan maksimal Rp 500 juta.
  2. Jenis kredit: Kredit Modal Kerja (KMK) dalam tenor waktu pinjaman maksimal 4 tahun; kredit investasi (KI) pinjaman maksimal 5 tahun.
  3. Tingkat bunga sebenarnya adalah 7% per tahun.
  4. Tidak ada biaya administrasi atau tabungan atau jaminan sesuai dengan ketentuan Bank BRI.
  • Syarat KUR Ritel Bank BRI
  1. Memiliki dan menjalankan bisnis yang layak dan produktif.
  2. Tidak dalam proses memperoleh kredit dari bank lain kecuali kredit konsumtif seperti KKB, kartu kredit dan KPR.
  3. Dia telah aktif menjalankan bisnisnya setidaknya selama enam bulan.
  4. Dapatkan izin usaha kecil dan menengah (IUMK), jika tidak izin usaha sejenis lainnya bisa disamakan.
TRENDING:  Cara dan Syarat Buka Rekening BRI Terbaru

KUR TKI

KUR TKI adalah kredit yang diberikan untuk membiayai calon tenaga kerja Indonesia yang akan pergi ke luar negeri untuk bekerja. Plafon pinjaman maksimum KUR TKI BRI adalah 25 juta, dengan alokasi produk premium berikut:

  1. Jumlah kredit maksimum 25 juta rupiah atau sesuai dengan struktur biaya yang ditetapkan oleh Pemerintah.
  2. Suku Bunga efektif adalah 7% per tahun atau bulanan 0,41% tetap.
  3. Tidak ada biaya administrasi atau provisi.
  4. Pelunasan maksimum pinjaman adalah tiga tahun atau sesuai dengan perjanjian kerja.
  5. Untuk tujuan negara berkembang dari Hong Kong, Singapura, Jepang, Taiwan, Korea Selatan dan Malaysia.
  • Persyaratan KUR TKI
  1. Individu atau perseorangan dari calon TKI yang akan pergi bekerja di negara penempatan.
  • Persyaratan administrasi:
  1. Sediakan Kartu tanda penduduk (KTP) serta kartu keluarga (KK).
  2. Perjanjian kerja di negara-negara yang ditunjuk.
  3. Bukti perjanjian kerja dengan calon pengguna layanan TKI.
  4. Paspor dan visa.
  5. Persyaratan lain sesuai dengan ketentuan yang dapat diikuti tergantung pada situasi

Pinjaman BRI lainnya

Pinjaman BRI merupakan produk pinjaman Bank BRI, salah satunya KUR. Jadi, BRI bukan hanya soal KUR. Di BRI ada banyak jenis pinjaman lainnya, jika tidak sesuai dengan KUR.

Pinjaman BRI diberikan kepada individu dan perusahaan. Untuk perorangan, Bank BRI menawarkan KPR kepemilikan rumah, kepemilikan mobil KKB, kartu kredit BRI dan BRI KTA (disebut “Briguna”).

Untuk bisnis, Bank BRI menawarkan kredit UMKM dan korporasi. Dengan jaringan perbankan terbesar dengan keuntungan terbesar di negara saat ini, BRI memiliki keunggulan dibandingkan bank lain.

Salah satu keuntungan KUR adalah bunganya sangat menarik, 7% efektif setiap tahunnya. Suku bunga KUR menurun karena pemerintah mendukung program bunga KUR.

TRENDING:  Cara dan Syarat Buka Rekening BRI Terbaru

Cara Pengajuan Pinjam Kredit Usaha Rakyat BRI

Bagi Anda yang ingin mengajukan KUR di BRI, anda harus mengikuti proses terlampir yang diperbarui pada tahun ini, sebagai berikut:

  • Langkah pertama mengajukan pinjaman KUR atau kredit adalah calon debitur pergi ke salah satu kantor terdekat Bank BRI.
  • Debitur potensial diminta untuk mengisi formulir aplikasi dan file kredit yang diperlukan. Dokumen yang diperlukan adalah: KTP, kartu keluarga, surat keterangan kerja dan jaminan (misalnya BPKB jika garansi kendaraan).
  • Calon debitur diharapkan dapat memberikan jaminan sesuai dengan kebijakan perbankan seperti BPKB, sertifikat rumah, sertifikat tanah, BPKB Mobil, dll.
  • Bank BRI akan memproses permintaan serta mengerjakan uji kelayakan komersial untuk calon debitur serta mengerjakan survei di lapangan. Jika sesuai dan pekerjaan yang dilakukan memenuhi uji kelayakan, maka Bank BRI akan menyetujui pinjaman tersebut.
  • Calon debitur tandatangani perjanjian kredit pinjaman dengan Bank BRI.
  • Bank BRI akan menyetujui pencairan uang kredit pinjaman yang akan dikirim secara langsung ke rekening pengaju pinjaman.
  • Setelah menerima dana pinjaman, debitur harus melakukan cicilan setiap bulan dalam jumlah angsuran asli bersama dengan bunga yang disepakati pada awal perjanjian.

Tips Pengajuan Pinjaman BRI Disetujui

Berdasarkan pengalaman debitur dalam pengajuan kredit KUR-nya yang telah disetujui, ada sejumlah hal yang perlu Anda pertimbangkan agar pengajuan kredit dapat disetujui oleh Bank BRI.

Tujuan Kredit untuk Usaha

Pastikan tujuan mengambil KUR adalah untuk usaha atau bisnis. Bukan untuk konsumsi.

Yang masuk kategori konsumsi adalah pembelian ponsel, sepatu, TV ataupun sepeda motor, yang tidak berhubungan terhadap kemajuan bisnis. Jika Anda mengajukan KUR untuk tujuan ini, permohonan tersebut tentu ditolak.

Punya Usaha

Calon peminjam harus memiliki bisnis sendiri yang akan ditawarkan untuk kredit. Jangan gunakan usaha orang lain untuk menghadirkan KUR.

Bank akan melakukan pemeriksaan, survei dan metode lain untuk memastikan bahwa pekerjaan yang diusulkan adalah pekerjaan calon peminjam.

Pastikan pekerjaan telah beroperasi setidaknya selama 6 bulan. Dalam waktukurang dari 6 bulan, permohonan KUR akan ditolak.

Tidak Dalam Mengambil Kredit Usaha Bank Lain

Salah satu kriterianya adalah tidak mendapatkan kredit di bank lain, kecuali kredit konsumtif seperti KKB, kredit mobil atau motor, kartu kredit, dan KPR.

Maka dari itu, ketika anda melakukan pengajuan pastikan calon peminjam tidak mempunyai kredit bisnis di pihak lain.

TRENDING:  Cara dan Syarat Buka Rekening BRI Terbaru

Punya Izin Usaha

Salah satu dokumen yang harus diserahkan oleh calon peminjam adalah lisensi komersial. Seringkali, pengusaha kecil tidak memiliki dokumen lisensi bisnis.

Oleh karena itu, jika anda mengajukan KUR, sebaiknya segera mengurus dokumen izin kerja. Diskusikan dengan pengelola akun Anda (AO) atau pemasaran BRI tentang jenis dokumen izin usaha yang dapat diterima.

Lisensi bisnis ini penting untuk membuktikan bahwa peminjam potensial memiliki bisnis. Ini bukan usaha orang lain atau proyek fiktif.

Punya Jaminan untuk KUR Ritel

Khusus, KUR Ritel, bank mewajibkan calon peminjam untuk memberikan jaminan kredit. Namun, jaminan tidak harus tanah dan bangunan, karena jaminan mobil diterima oleh BRI.

Untuk KUR Mikro, debitur tidak diharuskan mendapatkan jaminan karena batas kredit yang relatif rendah. Bank mempertimbangkan kualitas usaha KUR Mikro.

Ada Aktivitas Usaha

Selain penyelesaian dokumen, kunci apakah pengajuan kredit KUR adalah ada kegiatan usaha yang akan dievaluasi oleh bank saat melakukan survei lapangan. Hasil survei ini adalah salah satu faktor utama bank bisa menetapkan apakah akan menyetujui KUR.

Oleh karena itu, pastikan bahwa bisnis yang diusulkan memiliki kegiatan bisnis. Misalnya, jika bisnis diperdagangkan, di situs pekerjaan ada stok barang yang cukup yang mencerminkan omset, yang dapat dilihat nanti oleh tim survei bank.

Ketika mempertimbangkan kegiatan bisnis, survei Bank mewawancarai debitur potensial. Dalam wawancara tersebut, Bank mengeksplorasi karakter dan pengetahuan tentang upaya calon peminjam.

Kriteria Usaha Layak Menerima Kredit Usaha Rakyat BRI

  • Usaha terdiri dari semua anggota yang mempunyai bisnis produktif serta layak, dan / atau memungkinkan beberapa anggota merupakan pelaku bisnis pemula;
  • Jika ada anggota kelompok usaha ada pelaku usaha start-up, mereka harus memiliki surat rekomendasi untuk penerapan kredit/keuangan dari pimpinan kelompok usaha;
  • Kegiatan usaha dapat dilakukan secara mandiri dan/atau bekerja sama dengan mitra bisnis;
  • Kegiatan gugus tugas sedang dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan pekerjaan anggotanya;
  • Kelompok usaha memiliki sertifikat kelompok usaha yang dikeluarkan oleh instansi yang bersangkutan dan/atau sertifikat lainnya;
  • Kredit/pembiayaan dilakukan Kelompok Usaha lewat Ketua Kelompok Usaha dengan jumlah sesuai dengan plafon kredit/pembiayaan yang tersedia di masing-masing anggota kelompok.
  • Perjanjian kredit/pembiayaan untuk kelompok usaha dilaksanakan oleh masing-masing anggota kelompok usaha dengan penyalur KUR;
  • Jika hasil penilaian distributor terhadap permohonan pinjaman/pembiayaan yang diajukan oleh kelompok usaha memerlukan jaminan tambahan, kelompok usaha dapat memberikan jaminan tambahan kolektif yang berasal dari aset kelompok usaha itu sendiri atau dari beberapa anggota kelompok usaha yang dapat dibatasi melalui mekanisme kewajiban pinjaman;
  • Jika cicilan kredit/pembiayaan tidak dibayar, Ketua Kelompok Usaha mengkoordinasikan penerapan mekanisme kewajiban sewa di antara anggota kelompok usaha.
TRENDING:  Cara dan Syarat Buka Rekening BRI Terbaru

Agunan Pokok Pinjaman KUR

Agunan KUR terdiri atas :

  1. Agunan pokok; dan
  2. Agunan tambahan.

Agunan Pokok merupakan usaha atau obyek yang dibiayai oleh KUR. Sedangakan Agunan Tambahan adalah untuk :

  • KUR mikro serta KUR tenaga kerja Indonesia (TKI) tidak diwajibkan dan tanpa perikatan; dan
  • KUR mikro serta KUR khusus harus sesuai dengan kebijakan/ penilaian penyalur KUR.

Jenis Sektor Usaha Yang Bisa Dibiayai KUR

  • Sektor pertanian: semua bekerja di sektor pertanian (Sektor 1), termasuk tanaman pangan, tanaman hortikultura, pertanian dan ternak.
  • Perikanan: Semua bisnis di sektor perikanan (Sektor 2), termasuk perikanan dan pertanian).
  • Industri pengolahan: Semua bisnis di sektor manufaktur (Sektor 4), termasuk industri kreatif dalam periklanan, mode, film, animasi, video dan alat mesin yang mendukung kegiatan ketahanan pangan.
  • Perdagangan: Semua perusahaan di sektor perdagangan (Sektor 7), termasuk pedagang kuliner dan eceran.
  • Semua bisnis: perumahan dan pasokan makanan (Sektor 8), sektor transportasi – penyimpanan – komunikasi (Sektor 9), sektor real estat – penyewaan bisnis – layanan perusahaan (Sektor 11), sektor layanan pendidikan (sektor 13), sektor layanan sosial budaya masyarakat – hiburan – individu lain (Sektor 15).
TRENDING:  Cara dan Syarat Buka Rekening BRI Terbaru

Selain BRI, bank BUMN lainnya turut berpartisipasi dalam penyaluran KUR, yaitu Bank Mandiri dan BNI. Maka dari itu, masih ada opsi ketika anda tidak di terima pengajuan anda di Bank BRI, anda bisa mengajukan KUR Bank Mandiri dan KUR Bank BNI.

Demikian penjelasan tentang pengajuan Kredit Usaha Rakyat BRI yang anda butuhkan. Semooga dari penjelasan ini dapat membantu anda memberikan informasi yang anda butuhkan.

Check Also

pinjaman kur bni

Cara Dan Tips Mengajukan Pinjaman KUR BNI 2021

Satudetik.com – Ada beberapa Bank yang memiliki program/layanan Kredit Usaha Rakyat ( KUR ), seperti …