unique visitor counter
cara ngambil duit di atm

Cara Ngambil Duit Di ATM Dengan Mudah

Satudetik.com – Bank mungkin akan menjadi tempat untuk anda percayai untuk menjaga uang Anda tetap aman dan dapat membuat transaksi Anda lebih mudah. Selain itu, untuk memfasilitasi pengambilan uang di mana saja dan kapan saja, ATM diciptakan untuk itu. Namun masih saja juga ada orang yang belum tahu cara ngambil duit di atm.

Cara mengambil duit di ATM dengan benar

Masih juga ada orang yang lebih suka mengambil uang di Teller meskipun jumlah uang yang ingin Anda ambil kecil. Itu karena Anda tidak tahu cara ngambil duit di ATM.

1. Pergi ke ATM Terdekat

Langkah pertama Anda untuk ngambil duit di atm adalah Anda pergi ke ATM terdekat dari lokasi Anda serta sesuai bank sumber kartu ATM Anda ataupun Anda bisa pergi ke ATM bersama. Lokasi ATM biasanya terletak di dekat kantor bank, pusat perbelanjaan, universitas dan banyak lagi.

Ada banyak ATM yang masuk ke jaringan ATM umum di Indonesia:

  • ATM link (BNI, BRI, BTN, Mandiri, CIMB Niaga, Danamon),
  • PRIMA ATM (BCA, BNI, Mandiri, BRI, CIMB Nyaga)
  • ALTO ATM (Danamon, Maybank, BTN, Permata Bank, Citibank).
TRENDING:  Bagaimana Cara Buka Rekening Bank hari ini

Pastikan ATM pilihan Anda dalam kondisi baik dan tidak salah atau sedang diperbaiki. Jika Anda perlu pecahan duit 50.000 dari atm, biasanya ada beberapa ATM dari beberapa bank yang menyediakan ATM dengan pecahan 20.000 di area kampus.

2. Cari Mesin ATM Untuk Penarikan Tunai

Ketika Anda mengakses ATM, pastikan untuk pergi ke ATM dengan informasi penarikan tunai, terutama jika Anda berada di gerai ATM bank karena ada banyak mesin ATM.

Di gerai ATM umumnya ada beberapa jenis ATM di antaranya ATM tunai, ATM setoran tunai, DAN ATM UNTUK TRANSAKSI NON TUNAI. Tentu saja, ketiga jenis ATM tersebut memiliki kegunaan yang berbeda- beda.

Namun, saat ini sudah banyak ATM yang menggunakan satu perangkat yang bisa Anda gunakan untuk semua jenis transaksi, tentunya lebih praktis.

Jika anda ingin ngambil duit di tempat perbelanjaan, pastikan bahwa mesin atm yang anda tuju sesuai dengan bank ATM Anda. Karena ketika lokasi ATM berada di pusat perbelanjaan biasanya tersedia banyak jenis ATM bank yang berbeda.

TRENDING:  Bagaimana Cara Buka Rekening Bank hari ini

3. Memilih Pecahan Uang 50 ribu atau 100 ribu

Jika anda ingin ngambil uang pecahan 50 ribu, pastikan di atas mesin ATM yang Anda pilih ada deskripsi nominal 50 ribu, jadi anda tidak akan salah memilih di pecahan 100 ribu.

Di beberapa ATM di tempat tertentu hanya menyediakan pecahan dengan nominal 100 ribu.

Jadi Anda perlu memastikan lagi dan beradaptasi dengan kebutuhan Anda untuk memilih ATM yang mengeluarkan 50.000 atau 100.000. Jika Anda ngambil duit dari ATM di area kampus, ada beberapa bank yang menyediakan 20.000.

4. Memasukkan Kartu ATM

Keluarkan kartu ATM Anda dari dompet Anda. Tempatkan kartu di ATM. Tempat masuk kartu ATM ini berupa celah horizontal yang lebar seperti kartu ATM, dan celah biasanya berada di sisi kanan ATM atau di tengah mesin (tergantung nama bank dan jenis ATM).

Jika ini terjadi anda memasukkan dengan salah, Anda harus menghubungi keamanan saat ini atau Anda dapat langsung pergi ke bank selama jam kerja, karena biasanya dapat diproses oleh bank yang bersangkutan.

Saran buat anda, ketika memasukkan kartu ATM pastikan masuk sesuai dengan arah yang benar. Jika Anda memasukkan kartu, rasanya tidak normal, Anda tidak harus memaksa kartu dikeluarkan dari mesin atm.

TRENDING:  Bagaimana Cara Buka Rekening Bank hari ini

5. Pilih Bahasa

Setelah kartu ATM Anda berhasil masuk ke ATM dengan lancar, Anda akan diminta untuk memilih bahasa instruksi ATM, yaitu bahasa Indonesia atau Inggris. pilih sesuai dengan yang anda kuasai.

Sangat penting untuk memilih bahasa yang benar-benar Anda ketahui, karena Anda ditakutkan tidak mengerti, Anda akan memilih tombol yang salah.

Ketika Anda telah memilih bahasa instruksi yang Anda gunakan, Anda akan secara otomatis menemukan layar yang menampilkan transaksi aman di ATM lengkap dengan nomor call center bank Anda. Atau mungkin ada beberapa iklan yang ada hanya pada waktu-waktu tertentu, tidak ada pilihan lain pada saat ini, Anda hanya perlu menekan tombol dengan opsi “lanjutkan”.

TRENDING:  Bagaimana Cara Buka Rekening Bank hari ini

6. Masukkan PIN ATM Anda

Selanjutnya, layar ATM akan memunculkan di halaman untuk memasukkan PIN ATM. PIN yang perlu Anda masukkan adalah PIN yang Anda masukkan saat pertama kali Anda menerima kartu di bank, jika Anda tidak menggantinya selama Anda memiliki kartu ATM.

Silakan masukkan pin ATM Anda dengan mengetikkan kunci nomor di bawah layar ATM. Pastikan Anda memasukkan PIN ATM Anda dengan benar, dan PIN Anda biasanya 6 angka. Saat memasukkan nomor ATM, sebaiknya berhati-hati karena jika anda memasukkan PIN yang salah 3 kali, kartu ATM akan otomatis diblokir.

Jika kartu Anda diblokir, Anda harus datang ke bank untuk mengaktifkan kartu Anda lagi. Tips untuk Anda ketika Anda memasukkan PIN untuk ATM adalah melakukannya sambil menutupinya di sisi lain, untuk menghindari orang melihat PIN Anda.

TRENDING:  Bagaimana Cara Buka Rekening Bank hari ini

7. Menentukan Jumlah Nominal yang Anda Butuhkan

Jumlah minimum untuk anda ngambil duit di ATM adalah 50.000 (jika Anda menggunakan ATM yang mengeluarkan 50.000) dan 100.000 (jika Anda menggunakan ATM yang mengeluarkan 100.000).

Ada banyak pilihan nominal uang yang dapat Anda pilih dengan mudah di layar ATM. Pada ATM yang menyediakan pecahan 100 ribu, maka jumlah duit yang terdapat di ATM hanya kelipatan dari 100 ribu. Demikian pula untuk ATM yang menyediakan pecahan 50.000, maka di ATM hanya akan ada nominal 50.000.

Selain itu, Anda hanya perlu memilih nominal yang tercantum di layar sesuai dengan kebutuhan Anda.
Jika tidak ada pilihan jumlah uang yang Anda inginkan, Anda dapat memilih untuk menarik uang dengan langkah berikutnya.

TRENDING:  Bagaimana Cara Buka Rekening Bank hari ini

8. Pilih Penarikan pecahan lain

Jika pada layar ATM tidak ada pilihan nominal uang yang ingin Anda tarik, Anda bisa memilih opsi menu “Other Transactions”, yang biasanya terletak di bagian bawah sebelah kanan. Kemudian pilih tombol sub-Cash Withdrawal. Anda akan secara otomatis diminta untuk memasukkan jumlah nominal duit yang ingin Anda ambil.

SEtelah itu ketik nominal yang ingin Anda ambil secara manual memakai tombol yang berada di bawah layar ATM. Hal yang harus Anda perhatikan adalah bahwa cara ngambil duit di atm tunai hanya berlaku untuk pecahan yang tersedia.

Misalnya, untuk sebagian kecil dari 100.000, Anda hanya dapat ngambil duit senilai 200.000, 300.000, 500.000, dan 1 juta. Jika ATM mengeluarkan bagian dari 50.000, Anda dapat menulis secara nominal misalnya 750.000 atau 950.000 dan seterusnya. ATM juga memiliki jumlah duit maksimum yang dapat dihabiskan dalam satu transaksi.

TRENDING:  Bagaimana Cara Buka Rekening Bank hari ini

9. Mengambil Uang yang Keluar

Sistem kemudian akan memproses permintaan transaksi. Tidak lama kemudian, Anda akan mendengar suara perangkat yang sedang mempersiapkan untuk pengambilan duit anda. Tak lama kemudian, uang kertas 50.000 atau 100.000 uang kertas akan keluar dari lubang.

Slot biasanya di bawah dengan ukuran panjang di atas panjang uang. Uang yang keluar sesuai dengan nominal yang telah Anda pilih sebelumnya. Jika Anda tidak yakin tentang hal itu, Anda dapat menghitung lagi, tetapi nomor ini biasanya cocok dengan pilihan nominal yang anda masukkan.

10. Mengambil Struk Bukti Penarikan

Sebelum Anda dapat menerima bukti transaksi, pada layar perangkat akan ada opsi konfirmasi jika Anda ingin memilih apakah akan mencetak tanda terima bukti transaksi atau tidak. Jika Anda membutuhkan tanda terima, pastikan untuk memilih tombol dengan kata-kata “ya” dan kemudian tanda terima akan secara otomatis keluar setelah uang keluar dari ATM.

Ketika Anda berada di akhir transaksi, tidak semua perangkat mengeluarkan uang terlebih dahulu, ada ATM yang mengeluarkan tanda terima terlebih dahulu.

TRENDING:  Bagaimana Cara Buka Rekening Bank hari ini

11. Konfirmasi Akhir Transaksi di ATM

Sesudah ngambil duit di atm serta mendapatkan bukti transaksi secara otomatis, ATM akan memunculkan pesan lagi, dan jika Anda ingin transaksi lain. Jika Anda merasa bahwa transaksi Anda telah selesai, maka pilih opsi “Tidak” untuk mengakhiri transaksi di ATM.

Namun, jika masih ada transaksi yang ingin Anda lakukan maka pilih “Ya” dan kemudian layar ATM akan menampilkan penawaran untuk memasukkan PIN ATM Anda lagi.

12. Melakukan transaksi lain

Jika anda ingin melakukan transaksi lain, maka Anda perlu memasukkan PIN ATM lagi seperti di atas. Transaksi lain yang dimaksudkan adalah jika jumlah nominal yang ingin Anda ambil lebih rendah, atau Anda mungkin ingin melakukan transaksi lain seperti pembayaran kartu kredit atau transfer ke rekening bank lain.

Hal ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan ATM. Tetapi untuk penarikan tunai, setiap jenis kartu atau bank memiliki penarikan tunai maksimum pada hari yang sama. Jadi Anda tentu tidak dapat mengambil uang di balik penarikan tunai maksimum dalam sehari.

TRENDING:  Bagaimana Cara Buka Rekening Bank hari ini

13. Ganti PIN Anda jika Dibutuhkan

Selanjutnya, setelah semua transaksi selesai, beberapa ATM akan menawarkan opsi untuk mengganti PIN ATM. Jika Anda tidak ingin mengubah PIN Anda, Anda hanya perlu mengklik “Batalkan” di halaman permintaan. Tetapi sebagai saran, PIN ATM Anda harus diubah secara berkala dengan satu set angka yang dapat Anda ingat dengan mudah.

Namun, hal yang perlu Anda perhatikan adalah menghindari menggunakan angka yang sangat umum dan mudah ditebak oleh orang lain, seperti angka kelahiran Anda atau orang-orang terdekat Anda. Mengubah PIN Anda secara berkala juga berguna untuk memastikan kerahasiaan PIN kartu ATM.

Tetapi jangan mengubah PIN ATM Anda terlalu sering, dikhawatirkan Anda akan lupa PIN ATM Anda. Ubah PIN ATM Anda setidaknya sekali dalam beberapa bulan.

TRENDING:  Bagaimana Cara Buka Rekening Bank hari ini

14. Ambil Kartu ATM

Langkah terakhir yang Anda ambil adalah mengambil kartu ATM di slot tempat kartu ATM awalnya dimasukkan. Cobalah menyimpan kartu di awal, misalnya di dompet, untuk menghindari lupa, jika Anda secara sewenang-wenang menyimpan kartu ATM Anda. Pastikan Anda tidak lupa untuk tidak mengambil kartu ATM Anda.

15. Memastikan Sebelum Meninggalkan ATM

Ketika semua transaksi selesai, Anda tidak boleh terlalu tergesa-gesa untuk meninggalkan ATM. Ini dapat meninggalkan ATM atau barang-barang lain yang tersisa di ATM jika Anda tidak berhati-hati.

Di ATM selain aktivitas ngambil duit, Anda juga dapat menggunakannya untuk transfer ke semua bank di Indonesia. Hanya saja jika Anda ingin mentransfer ke rekening bank lain, Anda harus meletakkan kode bank di depan nomor rekening yang akan Anda kunjungi.

Penting untuk selalu berhati-hati dan pastikan Anda mengecek semuanya sebelum meninggalkan ATM.

Jelas, setelah Anda tahu cara ngambil duit di ATM Anda menjadi sadar dan tidak akan bingung lagi ketika Anda pergi untuk ngambil duit di ATM. Tentu saja, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal dan juga Anda harus berhati-hati dan berhati-hati saat ngambil duit di ATM sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. ATM memudahkan Anda untuk ngambil duit.

TRENDING:  Bagaimana Cara Buka Rekening Bank hari ini