unique visitor counter
Cara Cek Bansos Uang Tunai Terkini

Cara Cek Bansos Uang Tunai Terkini

Satudetik.com Pemerintah semakin bersedia membantu meringankan beban masyarakat, terutama bagi mereka yang terdampak virus corona (COVID-19). Pemerintah berencana memberikan beberapa jenis bantuan sosial berupa paket sembako, bansos uang tunai yakni Bantuan Sosial Tunai (BST) dan bantuan langsung tunai (BLT).

Tujuan dari program bantuan sosial ini merupakan untuk menjaga daya beli masyarakat pada masa pandemi. Selanjutnya, semua bansos sembako maupun bansos uang tunai akan disalurkan ke seluruh Indonesia, dengan sasaran mereka yang terkena dampak langsung maupun tidak langsung.

Menariknya, terkait bansos uang tunai, Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah memberikan bantuan tunai Rp 600.000 setiap bulan selama tiga bulan. Jadi, total bantuan yang diterima setiap keluarga adalah Rp. 1,8 juta.
Berikut ulasan lengkapnya oleh satudetik.com agar Anda paham cara mendapatkan Bansos Uang Tunai :

TRENDING:  Daftar Online Bantuan Pemerintah Tahun 2021

Syarat Penerima Bantuan Sosial Uang Tunai dan Caranya

Pemerintah menetapkan sejumlah syarat bagi masyarakat yang ingin menerima bansos uang tunai. Detail penting adalah:

  • Calon penerima adalah orang-orang yang termasuk dalam pendataan RT/RW yang berada di desa.
  • Calon penerima merupakan mereka yang kehilangan pekerjaan di masa pandemi COVID-19.
  • Calon penerima manfaat tidak terdaftar sebagai penerima bansos lain dari pemerintah pusat. Artinya, calon penerima Bantuan Langsung Tunai dari Desa tidak mempunyai Kartu Keluarga Harapan (PKH),paket sembako, kartu sembako, dan bantuan pangan non tunai (BPNT) sampai kartu prakerja.
  • Jika calon penerima belum menerima bantuan sosial dari program lain, tetapi tidak terdaftar di RT/RW, dapat segera menginformasikan ke perangkat desa.
  • Jika calon penerima sesuai persyaratan, tetapi tidak mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta Kartu Tanda Penduduk (KTP), mereka masih bisa memperoleh bantuan sosial tanpa harus menunjukkan KTP. Namun, penerima harus warga desa dan menuliskan alamat lengkapnya.
  • Jika penerima terdaftar dan valid, BLT akan ditawarkan tunai dan non-tunai. Uang non tunai diberikan dengan cara transfer ke rekening bank penerima dan uang tersebut dapat dihubungi oleh aparat desa, bank BUMN atau diambil langsung di kantor pos terdekat.
TRENDING:  Daftar Online Bantuan Pemerintah Tahun 2021

Cara Klaim BST atau BLT :

Jika Anda merupakan warga yang terkena COVID-19 serta memiliki persyaratan untuk memperoleh bansos uang tunai, berikut cara klaimnya:

  • Pastikan Anda tidak terdaftar dalam program bantuan sosial pemerintah lainnya.
  • Periksa apakah nama Anda terdaftar pada penerima bansos tunai ke RT/RW setempat.
  • Jika tidak, daftarkan diri Anda dengan melampirkan fotokopi KTP Anda untuk ditunjukkan kepada kepala desa untuk memberikan rincian Anda kepada bank-bank milik negara yang berpartisipasi dalam program tersebut.
  • Tunggu informasi lebih lanjut mengenai pencairan dana ke rekening Anda (jika Anda memilih sistem transfer)
    Sistem penyaluran bansos uang tunai.
  • Bantuan Sosial Tunai akan disalurkan lewat Kementerian Sosial (Kemensos), Pos Indonesia, serta Bank-Bank Milik Negara (Himbara) dan diberikan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah terdaftar atau tidak terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.
  • Bantuan Sosial Tunai akan ditransfer ke rekening penerima atau melalui PT Pos Indonesia secara langsung.
  • Bagi yang menggunakan sistem transfer rekening, daftar rekeningnya adalah dari bank BRI, Mandiri, BNI dan BTN.
  • Bagi yang tidak mempunyai akun rekening, Bisa mengambil uang BLT lewat kantor pos. Proses pencairan langsung kepada penerima BLT secara cashless (transfer) tidak dipungut biaya dan bunga.
  • Penerima Bantuan Sosial Tunai adalah warga yang dianggap pantas mendapatkan bantuan sosial tunai secara langsung terhadap perekonomian akibat pandemi covid-19 serta dilengkapi dengan data seperti BNBA (by name by address), NIK dan nomor handphone.

Jika Anda melihat ada orang-orang di sekitar Anda, baik itu tetangga atau saudara Anda, yang sedang mengalami krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19, Anda dapat membagikan informasi ini, terutama bagi yang sudah memenuhi persyaratan tetapi belum mengetahuinya. Semoga bermanfaat.

TRENDING:  Daftar Online Bantuan Pemerintah Tahun 2021

Check Also

daftar online bantuan pemerintah

Daftar Online Bantuan Pemerintah Tahun 2021

Satudetik.com – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masdoki mengatakan Program Bantuan Produktif Usaha …